Tanaman Harendong Banyak Manfaat

Tanaman Harendong Banyak Manfaat

Apakah Anda kenal dengan Harendong? Tanaman yang satu ini sangat mudah ditemukan terutama di daerah pedesaan. Beberapa orang sering membuat Harendong sebagai nasi segar dan sambal karena rasanya enak dengan baunya yang khas. Tanaman yang juga dikenal dengan nama Senggani, biasanya tumbuh di daerah yang mendapatkan sinar matahari cukup banyak seperti lereng gunung, daerah semak belukar yang tidak terlalu padat, dan lain-lain.

Tanaman Harendong Banyak Manfaat 73a78c7706d347fbbc89164e58f4413a

Harendong tumbuh di ketinggian di atas 1.650 meter di atas permukaan laut. Karakter dapat diidentifikasi dari tegak fisik, dengan ketinggian antara 0,5 sampai 4 meter, bersisik, memiliki banyak cabang, dan berambut.

Daunnya sendiri lajang, memiliki tangkai, dan itu berlawanan. Sementara itu, daun telur berbentuk bulat, ujungnya runcing, ujungnya rata, dan permukaannya berambut pendek. Buah matang tampak berwarna coklat dengan warna kemerahan.

Komposisi kimia yang terkandung dalam Harendong meliputi saponin, tanin dan flavonoid. Banyak penyakit dapat disembuhkan oleh tanaman Harendong, mulai dari hepatitis, diare, basiler, sariawan, haid yang berlebihan, pendarahan di rahim, keracunan, disentri, wasir darah, sariawan, dan lain-lain.

Bagian tanaman yang dapat dimakan adalah daun, buah, akar dan biji. Wow, ternyata cukup banyak juga ya penyakit yang bisa disembuhkan dengan tanaman Harendong ini.

Dibawah ini beberapa penyakit yang bisa di sembuhkan dengan tanaman harendong.

1. Keputihan

Upaya bisa disembuhkan dengan tanaman Harendong. Anda cukup menyiapkan sebanyak 2 genggam daun Harendong, berikut Bangle dan Jahe seukuran ibu jari.

Cuci bersih lalu potong-potong seperlunya. Kemudian, masukkan 3 gelas air dan juga satu sendok makan cuka. Lalu, rebus sampai akhirnya tertinggal sekitar 2 gelas lagi.

Setelah air dingin, saring dan minum sebanyak 2 kali sehari. Anda harus minum setiap gelas setiap saat. Jika Jahe atau Bangle habis, maka Anda bisa menggantinya dengan 3 kuncup Cempaka dan 3 biji Pinang yang sudah tua.

2. Disentri Basiler

Jika kebetulan Anda mengalami disentri yang tidak pernah sembuh, maka bisa dicoba dengan menggunakan tanaman harendong ini.

Siapkan saja aseman dan daun harendong secukupnya hingga mendidih dengan 3 gelas air sampai mendidih dan tersisa sekitar 1 gelas saja. Setelah air rebusan dingin, minum sekaligus. Lakukan ini dua kali sehari untuk mendapatkan kesembuhan total.

Posted by Titik Haryanti

Leave a Reply